BLOGGER TEMPLATES AND Friendster Layouts »

Selasa, 14 Oktober 2014

Ciri - ciri dan Unsur Organisasi

Ciri- Ciri dan Unsur Organisasi

Organisasi adalah suatu sistem tentang aktivitas kerja sama dari dua orang atau lebih, sesuatu yang tidak berwujud dan tidak bersifat pribadi, atau bisa juga disebut wadah atau tempatnya sekelompok manusia yang saling bekerja sama, dan secara prosesnya yaitu pengelompokkan manusia yang saling bekerja sama untuk tujuan tertentu. Sedangkan tata kerja yaitu suatu proses pekerjaan atau kegiatan dengan cara teratur dan terarah. Secara garis besar dapat disimpulkan bahwa keduanya mempunyai hubungan yang sangat erat dalam melakukan suatu proses pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan secara bersama – sama dan mempunyai tujuan tertentu. Hal ini dapat kita ketahui bahwa pengertian organisasi dan tata kerja adalah rangkaian suatu proses pekerjaan atau kegiatan yang harus dilakukan dengan cara meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen, terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi dalam tercapainya tujuan yang sebelumnya sudah diterapkan.

Organisasi pada zaman ini memiliki kata yang berbeda-beda. Di Indonesia, organisasi banyak macamnya. Ada organisasi yang bersifat komersial seperti perusahaan, partai politik, dll. Sekaligus non komersil seperti LSM, organisasi masyarakat, dll. Memang organisasi saat ini menjadi salah satu tempat dimana para individu tidak dapat mencapai kepentingan atau tujuan yang ia inginkan dan organisasi dapat membuat individu tersebut mencapai tujuannya bersama individu-individu lain.

Pada zaman ini mempunyai keragaman dalam individu-individu didalamnya. Hal ini membuat organisasi menjadi beragam dengan tujuan dan struktur yang beragam pula. Sebagai contoh organisasi yaitu keluarga. Keluarga adalah organisasi terkecil dalam hidup kita. Keluarga berisikan individu-individu yang berbeda dengan tujuan yang sama pula. Namun, keluarga kita berbeda dengan keluarga yang lain. Dalam hal tujuan dan struktur didalamnya. Hal ini membuktikan organisasi pada zaman ini memiliki keragaman yang sangat kompleks. Berikut ini ciri-ciri organisasi menurut pendapat ahli bernama Berelson dan Steiner(1964:55) :

    Formalitas, merupakan ciri organisasi sosial yang menunjuk kepada adanya perumusan tertulis daripada peratutan-peraturan, ketetapan-ketetapan, prosedur, kebijaksanaan, tujuan, strategi, dan seterusnya.

    Hierarkhi, merupakan ciri organisasi yang menunjuk pada adanya suatu pola kekuasaan dan wewenang yang berbentuk piramida, artinya ada orang-orang tertentu yang memiliki kedudukan dan kekuasaan serta wewenang yang lebih tinggi daripada anggota biasa pada organisasi tersebut.

    Besarnya dan Kompleksnya, dalam hal ini pada umumnya organisasi sosial memiliki banyak anggota sehingga hubungan sosial antar anggota adalah tidak langsung (impersonal), gejala ini biasanya dikenal dengan gejala “birokrasi”.

    Lamanya (duration), menunjuk pada diri bahwa eksistensi suatu organisasi lebih lama daripada keanggotaan orang-orang dalam organisasi itu.

 sumber :

http://gerald85joshua.wordpress.com/2013/10/17/pengertian-ciri-ciri-unsur-unsur-teori-organisasi/

http://ryankresna48.blogspot.com/2014/10/hubungan-antara-manajemen-organisasi.html

http://suhelsi.blogspot.com/2013/10/kita-adalah-organ-mari-ber-isasi.html

Menurut saya, saya cukup setuju dengan pendapat dari beberapa sumber di atas, karna memang organisasi itu bisa di sebut sebuah kumpulan atau wadah yang terdiri lebih dari 1 orang yang memiliki atau mempunyai sebuah tujuan untuk di capai.

0 komentar: